Kuliner Korea telah menjadi sorotan dunia karena keunikan rasa dan presentasi yang menarik. Berikut adalah beberapa jenis kuliner khas Korea yang unik dan patut untuk dicoba:

1. Kimchi

Kimchi adalah makanan fermentasi khas Korea yang terbuat dari sayuran, terutama sawi putih dan lobak, yang difermentasi dengan bumbu pedas dan asam. Kimchi memiliki rasa yang segar, pedas, dan sedikit asam, serta merupakan makanan pendamping yang umum dalam masakan Korea.

2. Bibimbap

Bibimbap adalah hidangan nasi campur Korea yang terdiri dari nasi putih yang disajikan dengan berbagai macam sayuran, daging (biasanya sapi), telur, dan gochujang (pasta cabai Korea). Bibimbap sering disajikan dalam mangkuk batu yang panas dan dicampur bersama sebelum dimakan.

3. Samgyeopsal

Samgyeopsal adalah hidangan daging babi panggang yang populer di Korea. Potongan daging babi yang tebal biasanya dipanggang di atas pemanggang meja dan disajikan dengan daun selada, bawang putih, lada, dan saus ssamjang (saus pedas Korea). Makanan ini sering disantap dengan minuman beralkohol seperti soju.

4. Tteokbokki

Tteokbokki adalah makanan jalanan Korea yang terbuat dari tteok (kue beras) yang dimasak dalam saus pedas manis yang disebut gochujang. Tteokbokki sering ditambahkan dengan telur, odeng (pempek Korea), dan irisan daun bawang untuk memberikan rasa dan tekstur yang beragam.

5. Jajangmyeon

Jajangmyeon adalah mi hitam yang disajikan dengan saus jajang (saus pasta kacang kedelai hitam) dan daging babi cincang serta sayuran seperti bawang bombay dan mentimun. Hidangan ini memiliki rasa gurih dan manis yang khas, dan sering disantap sebagai makanan siang atau malam.

Baca juga:   Langkah-langkah Ramah Lingkungan untuk Rumah Tangga Sehari-hari

6. Bingsu

Bingsu adalah makanan penutup Korea yang terdiri dari es serut yang disajikan dengan berbagai topping seperti buah-buahan segar, kacang merah, selai, atau sirup manis. Bingsu sangat populer di musim panas karena kesegarannya dan variasi topping yang dapat disesuaikan dengan selera.

7. Kimbap

Kimbap adalah makanan yang mirip dengan sushi Jepang, namun dengan bahan-bahan yang berbeda. Kimbap terdiri dari nasi yang digulung bersama dengan lauk seperti telur, sayuran, daging, dan kimchi, kemudian dibungkus dengan nori (rumput laut). Kimbap sering disajikan sebagai bekal atau makanan ringan di Korea.

Dengan keunikan rasa dan presentasi yang dimiliki oleh kuliner Korea, tidak mengherankan jika makanan-makanan ini semakin populer di seluruh dunia. Jadi, jangan ragu untuk mencoba berbagai jenis kuliner khas Korea ini dan nikmati pengalaman kuliner yang tak terlupakan!

TT Ads

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *