Bisnis Kaesang Pangarep, anak bungsu Presiden Joko Widodo (Jokowi), yang dikenal sebagai seorang pengusaha muda yang sukses dalam dunia bisnis kuliner.

Dalam beberapa tahun terakhir, ia telah mengembangkan sejumlah bisnis kuliner yang beragam, namun tidak semuanya berhasil mencapai kesuksesan.

Bisnis Kaesang Pangarep

Artikel ini akan membahas berbagai bisnis yang dimiliki oleh Kaesang Pangarep, termasuk yang tetap berkembang dan yang mengalami tantangan.

1. Sang Pisang

Sang Pisang adalah salah satu bisnis terbesar yang dimiliki Kaesang. Didirikan pada tahun 2017 bersama Ansari Kadir, bisnis ini telah tumbuh dan memiliki lebih dari 73 outlet tersebar di 25 kota. Produk-produk Sang Pisang mencakup pisang nugget, pisang pop, bomboloni, pisang goreng dengan berbagai saos pilihan, pisang goreng madu, pastel pisang, dan kue pisang. Saat ini, Sang Pisang telah menjadi salah satu pilihan kuliner yang populer.

2. Ternakopi

Ternakopi adalah bisnis yang Kaesang kembangkan bersama kakaknya. Meskipun sebelumnya memiliki sekitar 40 toko yang tersebar di beberapa wilayah Indonesia, bisnis ini mengalami tantangan dan akhirnya tutup akibat kurangnya daya tarik di pasaran.

3. Mangkokku

Bersama Arnold Poernomo dan Gibran Rakabuming, Kaesang terlibat dalam bisnis restoran Mangkokku. Setelah Gibran terjun ke dunia politik, bisnis ini diserahkan kepada Kaesang. Saat ini, Mangkokku memiliki total 46 toko yang tersebar di Sumatra dan Jawa.

4. Chili Pari

Chili Pari awalnya adalah usaha katering milik Gibran, namun setelah Gibran menjabat sebagai Wali Kota Solo, usaha ini diberikan kepada Kaesang.

Baca juga:   Prajogo Pangestu Beli 33% Saham Star Energy Rp 6,2 Triliun

5. Markobar

Markobar, yang awalnya menjual berbagai varian martabak, sebelumnya adalah milik Gibran. Setelah Gibran memasuki dunia politik, bisnis ini juga diserahkan kepada Kaesang. Saat ini, Markobar berada di bawah naungan PT Harapan Bangsa Kita (GK Hebat), yang juga mengelola bisnis kuliner lainnya milik Kaesang, termasuk Sang Pisang.

6. Goola

Goola adalah bisnis yang menjual minuman tradisional Indonesia, seperti Es Doger dalam kemasan modern. Awalnya milik Gibran, bisnis ini kemudian diambil alih oleh Kaesang. Namun, saat ini, bisnis Goola terlihat tidak aktif dengan sedikit keberadaan online yang terbaru.

7. Sang Javas

Sang Javas adalah merek clothing line yang didesain dengan gambar kecebong. Bisnis ini awalnya menarik perhatian warganet, tetapi sekarang terlihat tidak berjalan aktif dengan sedikit kehadiran online yang terbaru.

8. Madhang

Madhang adalah aplikasi yang dirilis oleh Kaesang pada tahun 2017 untuk menghubungkan ibu-ibu yang mahir memasak dengan pembeli. Namun, usaha ini sudah tidak beroperasi dan telah menuai beberapa keluhan dari pengguna.

9. Siapmas

Siapmas adalah bisnis yang menghadirkan produk makanan dan minuman ringan, seperti keripik, di berbagai minimarket. Saat ini, bisnis ini terlihat tidak aktif dengan sedikit produk yang tersedia di minimarket.

10. Saham Rakyat

Saham Rakyat adalah komunitas saham yang didirikan oleh Kaesang dan Kevin Hendrawan pada tahun 2022. Komunitas ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan tentang investasi saham.

11. Panca Mitra Multiperdana Tbk (PMMP)

Melalui GK Hebat, Kaesang menguasai 8% saham PMMP, perusahaan yang bergerak di industri pengolahan makanan beku berbasis udang.

12. Ternak Ikan Lele

Bisnis ternak ikan lele yang didirikan oleh Kaesang pada tahun 2019 telah menjadi salah satu bisnis yang sukses dan menghasilkan pendapatan yang signifikan.

Baca juga:   Mengenal PLTU Jawa 9 dan 10, Pembangkit Listrik Tenaga Uap Cilegon, Banten

Kaesang Pangarep merupakan seorang pengusaha yang memiliki berbagai bisnis di bidang kuliner dan investasi.

Meskipun beberapa bisnisnya mengalami tantangan dan tidak berlanjut, ia terus menjajaki peluang baru dan berkontribusi dalam dunia bisnis di Indonesia.

TT Ads

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *