TT Ads

Platform e-commerce kini sudah terintegrasi penuh dengan TikTok Shop. Platform ini mengusung konsep Shoppertainment (entertainment-first, commerce second) dan telah menjadikan shoppable live stream sebuah tren baru belanja online shopping.

Belanja online dengan live stream kini telah menjamur karena penjual dan merchant dapat berinteraksi langsung dengan audiens. Selain itu mereka juga dapat menghibur tanpa sambil jualan tanpa meninggalkan aplikasi TikTok.

Dengan maraknya brand dan merchant yang menggunakan fitur ini di festival belanja 10.10 , TikTok Shop telah berhasil memecahkan dua rekor MURI.

Kini merchants berbagai skala, termasuk UMKM memiliki ragam cara kreatif untuk menarik calon pelanggan baru dan mengembangkan bisnisnya.

“TikTok Shop menghadirkan fitur-fitur yang mendukung pengguna untuk menikmati konten yang menghibur, kemudian baru mengajak mereka untuk berbelanja, seperti fitur live stream dan video pendek,” ujar Desey Muharlina Bungsu, Fashion Category Lead, TikTok Shop Indonesia.

Baca juga: Fitur Baru Tiktok Ini Mudahkan Konsumen Belanja dan Bantu Merchant Jualan

Kegiatan shoppable live stream kini jadi alternatif dalam perdagangan modern, baik di Asia Tenggara dan di Indonesia.

Berdasarkan Studi SEA Ahead Wave 5 yang dihimpun oleh perusahaan riset Ipsos, terdapat 69% konsumen di Asia Tenggara yang telah mengakses fitur shoppable live stream, dan 66% telah konsumen membeli produk menggunakan fitur ini.

Di pasar Indonesia, sebanyak 78% konsumen mengaku pernah mendengar dan mengetahui tentang alternatif belanja melalui fitur shoppable live stream, di mana 71% di antaranya telah mencobanya dan 56% telah membeli produk melalui fitur ini.

“Fitur shoppable live stream ini merupakan inovasi marketing yang dapat menjangkau lebih banyak pembeli potensial dengan cakupan yang lebih luas,” ujar Bima Laga, Ketua Umum Asosiasi E-Commerce Indonesia (idEA).

Baca juga:   Harga Rp10 Ribuan Gulai Tikungan Blok M Digemari Banyak Kalangan

Fitur ini dianggap sangat relevan dengan kebutuhan dan perilaku masyarakat, salah satunya gen Z dan milenial di era social commerce, mengingat di era ini masyarakat cenderung memanfaatkan platform digital untuk mencari informasi dan inspirasi sambil berbelanja atau sebaliknya.

Belanja online melalui live stream memang sedang menjadi baru yang dapat meningkatkan penjual dan brand partner dengan para customer, juga memungkinkan mereka untuk memberikan pemahaman yang lebih baik terkait produk yang mereka jual kepada para customer.

Baca juga: Nielsen: Belanja Iklan Online Services Meningkat 67%

Hasilnya penjual dan brand partner dapat menjaga share of mind untuk mempertahankan penjualan mereka. Harapannya, ke depannya kegiatan live stream ini akan terus berkembang dan bisa memberikan dampak positif lebih besar bagi perekonomian Indonesia

Hal tersebut terbukti di festival belanja 10.10 lalu, TikTok Shop telah berhasil memecahkan dua rekor MURI dengan melakukan shoppable live stream terlama selama 10 hari nonstop bersama brand Roughneck 1991, dan akumulasi produksi video pendek terbanyak dalam waktu dua minggu dari kategori fashion.

Brand Roughneck 1991 misalnya yang telah berhasil memecahkan rekor MURI untuk kegiatan live stream terpanjang selama 10 hari berturut-turut, mengaku memilih promosi di TikTok Shop karena melihat perkembangannya yang sangat pesat. Brand ini memilih untuk melakukan kegiatan promosi di TikTok Shop untuk menyasar konsumen millennial dan Gen-Z.

Selain kegiatan live stream, fitur video singkat (short video) juga menjadi pilihan brand dan merchant di TikTok Shop untuk memasarkan produk mereka melalui konten yang menghibur.

Secara kumulatif, terdapat 362.637 penjual dari kategori fashion telah meningkatkan jumlah unggahan video mereka, dan berhasil memecahkan rekor MURI atas akumulasi produksi video pendek terbanyak dalam waktu dua minggu dari kategori fashion.

Baca juga:   Fita Kenalkan Teknologi AI di Fitur Olahraga

Banyak brand, merchant, serta kreator di TikTok Shop yang telah melihat hasil positif dengan mengunggah video singkat secara konsisten, membantu mereka mendapatkan pelanggan baru dan meningkatkan peluang penjualan.

TT Ads

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *