TT Ads

Surat Keterangan Catatan Kepolisian, atau yang lebih dikenal sebagai SKCK, adalah dokumen resmi yang dikeluarkan oleh Kepolisian untuk membuktikan bahwa pemiliknya memiliki catatan kepolisian yang bersih. SKCK ini biasanya diperlukan dalam berbagai situasi, seperti melamar pekerjaan, mengurus visa, atau keperluan lainnya. Dalam dunia yang semakin terhubung secara digital, membuat SKCK online telah menjadi opsi yang sangat populer.

Cara Membuat SKCK secara Online

Artikel ini akan membahas langkah-langkah cara membuat SKCK online dengan mudah.

1. Persiapan Dokumen-dokumen yang Dibutuhkan

Sebelum Anda mulai mengajukan SKCK online, pastikan Anda telah menyiapkan dokumen-dokumen yang diperlukan. Dokumen-dokumen yang biasanya dibutuhkan termasuk:

  • Kartu Identitas (KTP): Pastikan KTP Anda masih berlaku dan memiliki alamat yang sesuai.
  • Pas Foto: Anda akan membutuhkan pas foto berwarna dengan latar belakang putih, biasanya ukuran 4×6 cm.
  • Nomor Kartu Keluarga (KK): KK adalah salah satu dokumen yang akan diminta dalam proses pembuatan SKCK.
  • Surat Permohonan: Anda mungkin perlu menyusun surat permohonan secara tertulis sesuai dengan ketentuan dari instansi kepolisian setempat.
  • Biaya Administrasi: Pastikan Anda mengetahui berapa biaya yang harus dibayarkan untuk pembuatan SKCK. Biasanya biaya ini harus dibayarkan di Bank atau lembaga keuangan yang ditunjuk oleh instansi kepolisian setempat.

Baca juga: Cara Mudah Daftar NPWP Online: Panduan Lengkap untuk Pemula

Baca juga:   Mendag: Minyak Goreng Curah Hanya Diperuntukkan Masyarakat Berpenghasilan Rendah

2. Akses Website Resmi Kepolisian

Buka browser web Anda dan kunjungi situs web resmi Kepolisian Republik Indonesia. Situs web ini menyediakan layanan online untuk membuat SKCK.

3. Pilih Layanan SKCK Online

Di situs web Kepolisian, Anda akan menemukan berbagai jenis layanan. Cari opsi “Pembuatan SKCK Online” atau serupa, dan klik pada opsi ini.

4. Isi Formulir Online

Anda akan diarahkan ke formulir online yang harus diisi dengan informasi pribadi Anda. Pastikan untuk mengisi formulir ini dengan benar dan teliti. Informasi yang salah atau tidak akurat dapat menghambat proses Anda.

5. Unggah Dokumen-dokumen

Anda akan diminta untuk mengunggah dokumen-dokumen yang telah Anda siapkan sebelumnya. Ini biasanya mencakup scan KTP, pas foto, nomor KK, dan dokumen lain yang diminta.

6. Pilih Lokasi dan Jadwal

Setelah mengisi formulir dan mengunggah dokumen, Anda akan diminta untuk memilih lokasi kantor kepolisian yang akan Anda kunjungi untuk mengambil SKCK Anda. Anda juga dapat memilih jadwal kunjungan.

7. Bayar Biaya Administrasi

Setelah memilih lokasi dan jadwal, Anda akan diberikan informasi tentang biaya administrasi yang harus Anda bayar. Biasanya, Anda akan diberikan instruksi untuk membayar biaya ini di Bank atau lembaga keuangan yang ditunjuk.

8. Verifikasi Data

Sebelum Anda mengirim permohonan, pastikan untuk memeriksa kembali semua informasi yang telah Anda isi. Pastikan semuanya benar dan akurat.

9. Kirim Permohonan

Setelah Anda yakin semua data telah diisi dengan benar, kirim permohonan Anda secara online.

10. Kunjungi Kantor Kepolisian

Setelah permohonan Anda disetujui, Anda akan menerima pemberitahuan untuk mengunjungi kantor kepolisian yang Anda pilih sebelumnya untuk mengambil SKCK Anda.

11. Ambil SKCK Anda

Pergi ke kantor kepolisian sesuai jadwal yang telah Anda tentukan dan ambil SKCK Anda. Pastikan untuk membawa dokumen-dokumen identitas yang diperlukan untuk verifikasi.

Baca juga:   Harga BBM Pertalite Tidak Naik, Bagaimana dengan Pertamax Series?

Proses membuat SKCK online adalah langkah positif dalam menyederhanakan prosedur administrasi dan memanfaatkan teknologi. Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat menghemat waktu dan tenaga dalam mengurus SKCK Anda. Pastikan untuk selalu memeriksa persyaratan yang berlaku di wilayah Anda, karena persyaratan dan prosedur dapat bervariasi.

TT Ads

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *